Rabu, 02 Agustus 2017

Blender 3D Viewport Toolbar

A. Viewport Toolbar
 
Hi! Teman semua, kita bertemu lagi kali ini dan saya akan share Viewport Toolbar yang terdapat pada Aplikasi Blender 3D. Nah, langsung saja kita baca di bawah ini. 

Ini adalah sambungan dari artikel kemarin, yaitu Interface. Kali saya akan membahas tentang Viewport dan yang berhubungan dengannya secara dasar. Bisa dilihat dari gambar di artikel sebelumnya, didalam viewport, tepatnya disebelah kiri terdapat Toolbar. Di Toolbar terdapat Tools yang akan sering kita pakai, jadi saya akan menjelaskan basic-basicnya.

Didalam Toolbar terdapat Submenu seperti Transform, Shading, edit. Berikut adalah penjelasannya menurut pengalaman saya.

B. Transform tool
Disini terdapat 3 tool yang paling sering kita pakai yaitu:
  1. Translate, secara mudahnya ini adalah Grabbing tool. Seperti dibanyak aplikasi lainnya, ini digunakan untuk memegang benda dan memindahkannya. Kita bisa menggunakannya dengan mengklik translate object yang kita pilih atau dengan menggunakan shortcut G. Kita bisa mereset perubahan tempat yang kita sudah lakukan kapanpun kembali ke 0 Axis dengan menekan Alt + G.
  2. Rotate, ini juga mudah dimengerti, arti dari nama tool ini adalah putar. Seperti namanya, Tool ini digunakan untuk memutar Object 3D kita di Viewport. Cara menggunakannya sama dengan Translate, tapi shortcutnya adalah R dan untuk mereset Rotasi kembali ke-0 dengan memencet Alt + R.
  3. Scale, artinya adalah skala. Sama seperti Tool sebelumnya, Tool ini mudah dimengerti. Kegunaannya adalah untuk mengubah skala/ukuran Object di Viewport. Shortcutnya adalah S dan untuk mereset kembali adalah Alt + S.
Note: mereset kembali bukan meng-Undo, tapi kembali ke Default atau dengan kata lain lokasi, putaran(Rotate) dan scale akan kembali seperti pertama kali membbuka aplikasi BLENDER 3D.

Maaf, sebelum ini saya lupa bilang. Mungkin kalau yang menyimak artikel ini akan sadar saya sempat bilang Axis dan mungkin beberapa pembaca belum tau akan saya jelaskan. Axis adalah sumbu verwarna merah, biru dan hijau yang masing-masing disebut sumbu X,Y dan Z. Sumbu ini mengatur lokasi object diblender seperti tinggi(atas-bawah), panjang(kanan-kiri), dan lebar(depan-belakang). Kta bisa melihatnya di pojok bawah Viewport.

C. Edit Tool
Disini kita juga bisa melihat beberapa tool yaitu:
1). Duplicate, digunakan untuk copy-paste object atau menggandakannya lalu menggerakannya. Shortcutnya adalah Shift + D.
2). Delete, digunakan untuk menghapus Object. Shortcutnya adalah Del.
3). Shading, ini digunakan untuk menentukan tampilan Object. Shading punya 2 pilihan.
      a). Smooth, membuat object tampil halus.
      b). Flat, membuat object tampil datar.

Sekian dulu dari saya, semua ini berdasarkan pengetahuan saya. Terima kasih telah membaca dan maaf bila ada yang salah atau kurang, karena saya juga masih pemula. Semoga ini bermanfaat bagi yang ingin belajar Blender 3D.

Uploaded By Haris HR.
Material By Ngotinggo J.

0 comments

Posting Komentar